Thursday 17 October 2013

MTM (Methods Time Measurement)


*MTM (Methods Time Measurement)

MTM (Methods Time Measurement) adalah suatu sistem penetapan waktu baku yang dikembangkan berdasarkan studi gambar gerakan-gerakan kerja dari suatu operasi kerja industri yang direkam dalam film. Satuan waktu yang digunakan dalam MTM (Methods Time Measurement) baik MTM 1, 2 dan 3 adalah TMU (Time Measurement Unit) satuan pengukuran waktu.  MTM-1 ini merupakan salah satu solusi yang baik, karena metode ini mempunyai keunggulan predetermained artinya metode ini dapat mendeteksi waktu penyelesaian suatu pekerjaan dalam suatu metode yang diusulkan sebagai alternatif, sebelum metode kerja tersebut diterapkan atau dijalankan. MTM-1 ini digunakan untuk mengetahui gerakan-gerakan yang dilakukan oleh operator dalam melakukan pekerjaan, baik yang dikerjakan dengan tangan kiri maupun tangan kanan dan meminimasi waktu yang dibutuhkan bagi seorang pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya. Metode MTM-1 terdiri dari elemen-elemen gerakan seperti reach, move, apply pressure, turn, grasp, release, position, disengage, eye time ,crank body, leg dan foot motion (http:inherent.uajy.ac.id).


*Metode Pengukuran Waktu
  
Pengukuran waktu  membagi gerakan-gerakan kerja atas elemen-elemen gerakan menjangkau, mengangkut, memutar, posisi, melepas, lepas rakitan, gerakan mata dan beberapa gerakan anggota badan lainnya. Gerakan waktu setiap elemen gerakan ini ditentukan menurut beberapa kondisi yang disebut dengan kelas-kelas. Kelas-kelas ini dapat menyangkut beberapa keadaan perhentian, keadaan obyek disentuh ataupun dibawa (Sutalaksana, 2006).

 *2.3    *Gerakan-Gerakan Dasar pada Metode Pengukuran Waktu
Berikut ini merupakan gerakkan-gerakkan dasar pada metode pengukuran waktu. Gerakkan yang dibahas berikut ini terdapat 7 gerakkan yang terdapat pada pengukuran waktu.
1.      Menjangkau (R)
Merupakan gerakan dasar untuk memindahkan dari tangan ke suatu tempat tujuan, panjang gerakan dan jenis menjangkau. Bagian kelas menjangkau, yaitu:
a.       Kelas A: Gerakan menjangkau kearah suatu obyek ditangan lain.
b.      Kelas B: Gerakan menjangkau kearah suatu sasaran yang tempatnya berada pada jarak kira-kira tertentu dan diketahui.
c.       Kelas C: Gerakan menjangkau kearah obyek yang tercampur aduk dengan obyek lain.
d.      Kelas D: Gerakan menjangkau kearah suatu obyek yang sangat kecil sehingga diperlukan suatu pegangan yang teliti.
e.       Kelas E: Gerakan menjangkau kearah suatu sasaran yang tempatnya tidak pasti.
      Cara penulisan gerakan ini dipetakan dalam simbol-simbol yang berurut dan masing-masing simbol tersebut mengandung arti, yaitu:
--------------- simbol ---------------
1        2           3              4            5
m       R          f           kasus        m
Simbol pertama dan kelima menginformasikan adanya gerakan lain yang tergabung dan tak terpisahkan dengan gerakan reach ini. Dituliskan jika dan hanya jika gerakan tersebut bersatu dengan gerakan lain. Penulisannya harus dengan memakai huruf ‘m’. Simbol kedua ialah simbol yang menginformasikan gerakan reach. Simbol ketiga diisi dengan jarak. Jarak yang dimaksudkan disini adalah jarak perpindahan tangan. Jarak yang dituliskan di sini harus dalam satuan inch, karena tabel yang tersedia sudah dalam satuan inch. Bila jarak pergerakan ini kurang dari ¾, maka penulisannya tidak perlu dengan angka, cukup dengan menuliskan huruf ‘f’. Simbol keempat menginformasikan kasus dalam gerakan reach ini. Simbol kelima menginformasikan berat obyek yang berlaku dalam gerakkan move (Wawan yudiantyo, 2003).
2.      Mengangkut (M)
Adalah gerakan dasar yang dikerjakan bila maksud utamanya adalah untuk membawa suatu obyek kesuatu sasaran. Ada tiga kelas mengangkut, yaitu:
a.       Kelas A: Bila mengangkut merupakan pemindahan obyek dari satu tangan ke tangan yang lain.
b.      Kelas B: Bila mengangkut merupakan pemindahan obyek ke suatu sasaran yang letaknya tidak pasti.
c.       Kelas C: Bila mengangkut merupakan pemindahan obyek ke suatu sasaran yang letaknya pasti.
Cara penulisan gerakan move ini dipetakan dalam simbol-simbol yang berurut dan masing-masing simbol tersebut mengandung arti, yaitu:
------------------------ simbol -----------------------
1           2            3             4               5              6
m        M            f          kasus           m          berat
Simbol pertama dan keenam menginformasikan adanya gerakan lain yang bergabung dan tak terpisahkan dengan gerakan move ini. Penulisannya harus dengan memakai huruf ‘m’ . Simbol kedua ialah simbol yang menginformasikan gerakan move. Simbol ketiga diisi dengan jarak. Jarak yang dimaksudkan disini adalah jarak perpindahan tangan. Bila jarak pergerakan ini kurang dari ¾, maka penulisannya tidak perlu dengan angka, cukup dengan menuliskan huruf ‘f’. Simbol keempat menginformasikan kasus dalam gerakan move ini. Simbol ke-lima menginformasikan berat objek yang ber1aku dalam gerakan move ini (Wawan yudiantyo, 2003).
 
3.      Memutar (T)
Merupakan gerakan yang dilakukan untuk memutar tangan dengan baik dalam keadaan kosong maupun tanpa beban. Waktunya tergantung pada besarnya derajat pemutaran dan beratnya.
4.      Memegang (G)
Adalah elemen dasar yang digerakkan dengan maksud utama untuk mengusai sebuah obyek baik dengan jari ataupun dengan tangan untuk memungkinkan melakukan gerakkan dasar berikutnya.
5.      Melepas (Rl)
Gerakan dasar pengusaan atas suatu obyek dengan jari atau tangan. Biasanya lepas atau tidaknya membutuhkan waktu melakukannya, kecuali bila gerakannya terpisah dari gerakan lainnya.
6.      Lepas Rakit (D)
Adalah gerakan dasar untuk memisahkan suatu obyek dari obyek yang lainnya, dua hal yang mempengaruhinya adalah mudah sulitnya dipindahkan serta mudahnya sulitnya dipegang.
7.      Gerakan Mata (E)
Umumnya gerakan mata tidak mempengaruhi waktu gerakan, kecuali bila gerakan diarahkan oleh mata.
            Gerakan-gerakan badan lainnya adalah bagian-bagian badan lainnya seperti kaki, telapak kaki, serta bagian-bagian lutut, pinggang, dan lain-lain (Sutalaksana, 2006).

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Aries Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top