Monday 21 March 2011

PEMODELAN SISTEM

Istilah “model” sendiri mempunyai pengertian yang beragam sesuai dengandunianya mulai dari pengertian sehari-hari (everyday sense) sampai technical sense[3].Contoh dari everyday sense, adalah artis seperti Luna Maya yang merupakan (foto) model yang mendapat peran untuk memamerkan modelmodel pakaian karya disainer terkenal[4]. Model matematik hanya salah satu jenis dari modeldalam lingkup technical sense. Dalam banyak aplikasi engineering, model didefinisikan sebagai representasi dari sistem[3]. Representasi ini pun juga bermacam-macam mulai dari yang bersifat physical, pictorial, verbal, schematic dan symbolic dimana:

1. Physical, yaitu dengan membuat scaleddown version dari sistem yang dipelajari (model pesawat, model kereta api),

2. Pictorial, yaitu representasi dengan gambar untuk menggambarkan kontur permukaan bumi seperti peta topografi dan bola dunia.

3. Verbal, yaitu representasi suatu sistem ke dalam kalimat verbal yang mengambarkan ukuran, bentuk dan karakteristik.

4. Schematic, yaitu representasi dalam bentuk skema figurative misalnya model rangkaian listrik, model Atom Bohr dan lain-lain.

5. Symbolic, yaitu representasi ke dalam symbol-simbol matematik dimana variable hasil karakterisasi proses atau sistem ke dalam variable formulasi menggunakan simbol-simbol matematik.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Aries Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top