Wednesday 25 May 2011

Methods Time Measurement (MTM)

Methods Time Measurement (MTM) merupakan analisa meringkas sebuah pergerakan antara tangan kanan dan tangan kiri yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan secara benar (Wignjosoebroto, 1995).

Notasi umum untuk setiap gerakannya adalah:

a b c

d

di mana :

a : gerak dasar yang bekerja

b : jarak yang ditempuh

c : kelas dari gerak dasar yang bersangkutan

d : Notasi untuk faktor lain yang mempengaruhi gerakan dasar yang bersangkutan seperti ketelitian dan berat. Waktu ini harus ditambahkan pada waktu untuk “a b c”.


Rata-rata waktu dalam TMU untuk setiap pergerakan telah ditetapkan dari tabel data metode waktu. 1 TMU = 0,0006 = 0,00001 jam.

Adapun elemen-elemen gerakan untuk menganalisa kerja antara lain sebagai berikut (Bambang Suhardi, 2008):


1. Reach (R)

2. Move (M)

3. Turn (T)

4. Apply Pressure (AP)

5. Grasp (G)

6. Position (P)

7. Crank (C)

8. Release (RL)

9. Disengage (D)

10. Eye Focus (EF)

11. Eye Travel (ET)

12. Foot Motion (FM)

13. Leg Motion (LM)

14. Side Step (SS)

15. Turn Body (TB)

16. Walking (W)

17. Sit (SIT)

18. Stand (STD)

19. Bend (B)

20. Arise Bend (SB)

21. Stoop (S)

22. Kneel One Knee (KOK)

23. Arise Kneel One Knee (AKOK)

24. Kneel Both Knee (KBK)

25. Arise Kneel Both Knee

(AKBK)

26. Simultanous Motion



1. Mencari (Search)

Elemen gerakan mencari merupakan gerakan dasar dari pekerja untuk menemukan lokasi obyek. Pada gerakan ini yang bekerja adalah mata. Gerakan ini dimulai pada saat mata bergerak mencari obyek dan berakhir bila obyek sudah ditemukan. Tujuan dari analisa therblig ini adalah untuk menghilangkan sedapat mungkin gerak yang tidak perlu. Mencari merupakan gerak yang tidak efektif dan masih dapat dihindarkan misalnya dengan menyimpan peralatan atau bahan-bahan pada tempat yang tetap sehingga proses mencari dapat dihilangkan.

2. Memegang (Grasp)

Memegang adalah gerakan untuk memegang obyek, biasanya didahului oleh gerakan menjangkau dan dilanjutkan oleh gerakan membawa. Memegang adalah termasuk elemen Therbligs yang diklasifikasikan sebagai elemen gerakan efektif yang biasanya dapat dihilangkan akan tetapi dalam beberapa hal bisa diperbaiki.

3. Menjangkau/membawa tanpa beban (Transport Empty)

Menjangkau adalah elemen gerak Therbligs yang menggambarkan gerakan tangan berpindah tempat tanpa beban atau hambatan (resistence) baik gerakan menuju atau menjauhi obyek atau lokasi tujuan lainnya dan berakhir segera disaat tangan berhenti bergerak setelah mencapai obyek tujuannya. Elemen gerakan ini biasanya didahului oleh gerakan melepas (release) dan diikuti oleh gerakan memegang (grasp). Waktu yang diperIukan untuk melaksanakan elemen gerak menjangkau akan sangat tergantung dengan jarak gerakan tangan yang dilakukan kearah obyek yang dituju dan tipe gerakan menjangkaunya.

4. Membawa Dengan Beban (Transport Loaded)

Elemen gerakan membawa adalah juga merupakan gerak perpindahan tangan, hanya saja di sini tangan bergerak dalam kondisi membawa beban (obyek). Elemen gerakan ini diawali dan diakhiri pada saat yang sama dengan elemen gerakan menjangkau (reach) hanya saja di sini tangan dalam kondisi membawa beban (obyek). Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu gerakannya pun hampir sama yaitu jarak perpindahan tangan, tipe gerakan dan berat ringan beban dibawa oleh tangan.

5. Memilih (Select).

Memilih adalah elemen Therbligs yang merupakan gerakan kerja menemukan/memilih suatu obyek di antara dua atau lebih obyek yang sama lainnya. Elemen Therbligs ini dimulai pada saat tangan dan mata mulai bergerak memilih dan berakhir bila obyek yang dikehendaki sudah ditemukan. Elemen memilih biasanya mengikuti langsung elemen therbligs mencari (search). Batas antara memulai memilih dan akhir dari mencari agak sulit untuk ditentukan karena ada pembaharuan pakerjaan di antara dua gerakan tersebut yaitu gerakan yang dilakukan oleh mata.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © Aries Blog | Designed With By Blogger Templates
Scroll To Top